-->

Karo

Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi
Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Nama suku ini dijadikan salah satu
nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi
Karo) yaitu Kabupaten Karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang
disebut Bahasa Karo. Pakaian adat suku Karo didominasi dengan warna
merah serta hitam dan penuh dengan perhiasan emas.
Eksistensi Kerajaan Haru-Karo

Kerajaan Haru-Karo (Kerajaan Aru) mulai menjadi kerajaan besar di
Sumatera, namun tidak diketahui secara pasti kapan berdirinya. Namun
demikian, Brahma Putra, dalam bukunya "Karo dari Zaman ke Zaman"
mengatakan bahwa pada abad 1 Masehi sudah ada kerajaan di Sumatera
Utara yang rajanya bernama "Pa Lagan". Menilik dari nama itu merupakan
bahasa yang berasal dari suku Karo. Mungkinkah pada masa itu kerajaan
haru sudah ada?, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih
lanjut.(Darman Prinst, SH :2004)

Kerajaan Haru-Karo diketahui tumbuh dan berkembang bersamaan waktunya
dengan kerajaan Majapahit, Sriwijaya, Johor, Malaka dan Aceh. Terbukti
karena kerajaan Haru pernah berperang dengan kerajaan-kerajaan
tersebut. Kerajaan Haru pada masa keemasannya, pengaruhnya tersebar
mulai dari Aceh Besar hingga ke sungai Siak di Riau.

Terdapat suku Karo di Aceh Besar yang dalam bahasa Aceh disebut Karee.
Keberadaan suku Haru-Karo di Aceh ini diakui oleh H. Muhammad Said
dalam bukunya "Aceh Sepanjang Abad", (1981). Ia menekankan bahwa
penduduk asli Aceh Besar adalah keturunan mirip Batak. Namun tidak
dijelaskan keturunan dari Batak mana penduduk asli tersebut. Sementara
itu, H. M. Zainuddin dalam bukunya "Tarich Atjeh dan Nusantara" (1961)
mengatakan bahwa di lembah Aceh Besar disamping terdapat kerajaan Islam
terdapat pula kerajaan Karo. Selanjunya disebutkan bahwa penduduk asli
atau bumi putera dari ke-20 mukim bercampur dengan suku Karo. Brahma
Putra, dalam bukunya "Karo Sepanjang Zaman" mengatakan bahwa raja
terakhir suku Karo di Aceh Besar adalah Manang Ginting Suka.

Kelompok karo di Aceh kemudian berubah nama menjadi "Kaum Lhee Reutoih"
atau Kaum Tiga Ratus. Penamaan demikian terkait dengan peristiwa
perselisihan antara suku Karo dengan suku Hindu di sana yang disepakati
diselesaikan dengan perang tanding. Sebanyak tiga ratus (300) orang
suku Karo akan berkelahi dengan empat ratus (400) orang suku Hindu di
suatu lapangan terbuka. Perang tanding ini dapat didamaikan dan sejak
saat itu suku Karo disebut sebagai kaum tiga ratus dan kaum Hindu
disebut kaum empat ratus.

Dikemudian hari terjadi pencampuran antar suku Karo dengan suku Hindu
dan mereka disebut sebagai kaum Ja Sandang. Golongan lainnya adalah
Kaum Imeum Peuet dan Kaum Tok Batee yang merupakan campuran suku
pendatang, seperti: Kaum Hindu, Arab, Persia, dan lainnya.

Wilayah Pengaruh Suku Karo

Sering terjadi kekeliruan dalam percakapan sehari-hari di masyarakat bahwa Taneh Karo diidentikkan dengan Kabupaten Karo. Padahal, Taneh Karo jauh lebih luas daripada Kabupaten Karo karena meliputi:

Kabupaten Tanah Karo


Tanah Karo terletak di kaki Gunung Sinabung (foto diambil sekitar tahun 1917).

Kabupaten Karo terletak di dataran tinggi Tanah Karo. Kota yang
terkenal dengan di wilayah ini adalah Brastagi dan Kabanjahe. Brastagi
merupakan salah satu kota turis di Sumatera Utara yang sangat terkenal
dengan produk pertaniannya yang unggul. Salah satunya adalah buah jeruk
dan produk minuman yang terkenal yaitu sebagai penghasil Markisa Jus
yang terkenal hingga seluruh nusantara. Mayoritas suku Karo bermukim di
daerah pegunungan ini, tepatnya di daerah Gunung Sinabung dan Gunung
Sibayak yang sering disebut sebagai atau "Taneh Karo Simalem". Banyak
keunikan-keunikan terdapat pada masyarakat Karo, baik dari geografis,
alam, maupun bentuk masakan. Masakan Karo, salah satu yang unik adalah
disebut trites.Trites ini disajikan pada saat pesta budaya,
seperti pesta pernikahan, pesta memasuki rumah baru, dan pesta tahunan
yang dinamakan -kerja tahun-. Trites ini bahannya diambil dari
isilambung sapi/kerbau, yang belum dikeluarkan sebagai kotoran.Bahan
inilah yang diolah sedemikian rupa dicampur dengan bahan rempah-rempah
sehingga aroma tajam pada isi lambung berkurang dan dapat dinikmati.
Masakan ini merupakan makanan favorit yang suguhan pertama diberikan
kepada yang dihormati.

Kota Medan

Pendiri kota Medan adalah seorang putra Karo yaitu Guru Patimpus Sembiring Pelawi.

Kota Binjai

Kota Binjai merupakan daerah yang memiliki interaksi paling kuat dengan
kota Medan disebabkan oleh jaraknya yang relatif sangat dekat dari
kota Medan sebagai Ibu kota provinsi Sumatera Utara.

Kabupaten Dairi

Wilayah kabupaten Dairi pada umumnya sangat subur dengan kemakmuran
masyarakatnya melalui perkebunan kopinya yang sangat berkualitas.
Sebagian kabupaten Dairi yang merupakan Taneh Karo:
  • Kecamatan Taneh Pinem
  • Kecamatan Tiga Lingga
  • Kecamatan Gunung Sitember

Kabupaten Aceh Tenggara

Taneh Karo di kabupaten Aceh Tenggara meliputi:
  • Kecamatan Lau Sigala-gala (Desa Lau Deski, Lau Perbunga, Lau Kinga)
  • Kecamatan Simpang Simadam

Marga

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Marga Karo

Suku Karo memiliki sistem kemasyarakatan atau adat yang dikenal dengan nama merga silima, tutur siwaluh, dan rakut sitelu. Masyarakat Karo mempunyai sistem marga (klan). Marga atau dalam bahasa Karo disebut merga tersebut disebut untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan yang disebut beru. Merga atau beru ini disandang di belakang nama seseorang. Merga dalam masyarakat Karo terdiri dari lima kelompok, yang disebut dengan merga silima, yang berarti marga yang lima. Kelima merga tersebut adalah:
  1. Karo-karo : Barus, Bukit, Gurusinga, Kaban, Kacaribu dll (Jumlah = 18)
  2. Tarigan : Bondong, Ganagana, Gerneng, Purba, Sibero dll (Jumlah = 13)
  3. Ginting: Munthe, Saragih, Suka, Ajartambun, Jadibata dll (Jumlah = 16)
  4. Sembiring: Sembiring si banci makan biang (sembiring yang dapat makan Anjing): Keloko, Sinulaki, Kembaren, Sinupayung (Jumlah = 4); Sembiring simantangken Biang (sembiring yang tidak boleh makan Anjing): Brahmana, Depari, Meliala, Pelawi dll (Jumlah = 15)
  5. Perangin-angin: Bangun, Kacinambun, Perbesi,Sebayang dll (Jumlah = 18)

Total semua submarga adalah = 84

Kelima merga ini masih mempunyai submerga masing-masing. Setiap orang
Karo mempunyai salah satu dari merga tersebut. Merga diperoleh secara
otomatis dari ayah. Merga ayah juga merga anak. Orang yang mempunyai
merga atau beru yang sama, dianggap bersaudara dalam arti mempunyai
nenek moyang yang sama. Kalau laki-laki bermarga sama, maka mereka
disebut (b)ersenina, demikian juga antara perempuan dengan perempuan yang mempunyai beru sama, maka mereka disebut juga (b)ersenina.
Namun antara seorang laki-laki dengan perempuan yang bermerga sama,
mereka disebut erturang, sehingga dilarang melakukan perkawinan, kecuali
pada merga Sembiring dan Peranginangin ada yang dapat menikah di antara mereka.

Rakut Sitelu

Hal lain yang penting dalam susunan masyarakat Karo adalah rakut sitelu atau daliken sitelu (artinya secara metaforik adalah tungku nan tiga), yang berarti ikatan yang tiga. Arti rakut sitelu
tersebut adalah sangkep nggeluh (kelengkapan hidup) bagi orang Karo.
Kelengkapan yang dimaksud adalah lembaga sosial yang terdapat dalam
masyarakat Karo yang terdiri dari tiga kelompok, yaitu:
  1. kalimbubu
  2. anak beru
  3. senina

Kalimbubu dapat didefinisikan sebagai keluarga pemberi isteri, anak beru
keluarga yang mengambil atau menerima isteri, dan senina keluarga satu
galur keturunan merga atau keluarga inti.

Tutur Siwaluh

Tutur siwaluh adalah konsep kekerabatan masyarakat Karo, yang berhubungan dengan penuturan, yaitu terdiri dari delapan golongan:
  1. puang kalimbubu
  2. kalimbubu
  3. senina
  4. sembuyak
  5. senina sipemeren
  6. senina sepengalon/sedalanen
  7. anak beru
  8. anak beru menteri

Dalam pelaksanaan upacara adat, tutur siwaluh ini masih dapat
dibagi lagi dalam kelompok-kelompok lebih khusus sesuai dengan keperluan
dalam pelaksanaan upacara yang dilaksanakan, yaitu sebagai berikut:
  1. Puang kalimbubu adalah kalimbubu dari kalimbubu seseorang
  2. Kalimbubu adalah kelompok pemberi isteri kepada keluarga tertentu, kalimbubu ini dapat dikelompokkan lagi menjadi:
    • Kalimbubu bena-bena atau kalimbubu tua, yaitu kelompok pemberiisteri kepada kelompok tertentu yang dianggap sebagai kelompok pemberi isteri adal dari keluarga tersebut. Misalnya A bermerga Sembiring bere-bere Tarigan, maka Tarigan adalah kalimbubu Si A. Jika A mempunyai anak, maka merga Tarigan adalah kalimbubu bena-bena/kalimbubu tua dari anak A. Jadi kalimbubu bena-bena atau kalimbubu tua adalah kalimbubu dari ayah kandung.
    • Kalimbubu simada dareh adalah berasal dari ibu kandung seseorang. Kalimbubu simada dareh adalah saudara laki-laki dari ibu kandung seseorang. Disebut kalimbubu simada dareh karena merekalah yang dianggap mempunyai darah, karena dianggap darah merekalah yang terdapat dalam diri keponakannya.
    • Kalimbubu iperdemui, berarti kalimbubu yang dijadikan kalimbubu oleh karena seseorang mengawini putri dari satu keluarga untuk pertama kalinya. Jadi seseorang itu menjadi kalimbubu adalah berdasarkan perkawinan.
  3. Senina, yaitu mereka yang bersadara karena mempunyai merga dan submerga yang sama.
  4. Sembuyak, secara harfiah se artinya satu dan mbuyak artinya kandungan, jadi artinya adalah orang-orang yang lahir dari kandungan atau rahim yang sama. Namun dalam masyarakat Karo istilah ini digunakan untuk senina yang berlainan submerga juga, dalam bahasa Karo disebut sindauh ipedeher (yang jauh menjadi dekat).
  5. Sipemeren, yaitu orang-orang yang ibu-ibu mereka bersaudara kandung. Bagian ini didukung lagi oleh pihak siparibanen, yaitu orang-orang yang mempunyai isteri yang bersaudara.
  6. Senina Sepengalon atau Sendalanen, yaitu orang yang bersaudara karena mempunyai anak-anak yang memperisteri dari beru yang sama.
  7. Anak beru, berarti pihak yang mengambil isteri dari suatu keluarga tertentu untuk diperistri. Anak beru dapat terjadi secara langsung karena mengawini wanita keluarga tertentu, dan secara tidak langsung melalui perantaraan orang lain, seperti anak beru menteri dan anak beru singikuri.Anak beru ini terdiri lagi atas:
    • anak beru tua, adalah anak beru dalam satu keluarga turun temurun. Paling tidak tiga generasi telah mengambil isteri dari keluarga tertentu (kalimbubunya). Anak beru tua adalah anak beru yang utama, karena tanpa kehadirannya dalam suatu upacara adat yang dibuat oleh pihak kalimbubunya, maka upacara tersebut tidak dapat dimulai. Anak beru tua juga berfungsi sebagai anak beru singerana (sebagai pembicara), karena fungsinya dalam upacara adat sebagai pembicara dan pemimpin keluarga dalam keluarga kalimbubu dalam konteks upacara adat.
    • Anak beru cekoh baka tutup, yaitu anak beru yang secara langsung dapat mengetahui segala sesuatu di dalam keluarga kalimbubunya. Anak beru sekoh baka tutup adalah anak saudara perempuan dari seorang kepala keluarga. Misalnya Si A seorang laki-laki, mempunyai saudara perempuan Si B, maka anak Si B adalah anak beru cekoh baka tutup dari Si A. Dalam panggilan sehari-hari anak beru disebut juga bere-bere mama.
  8. Anak beru menteri, yaitu anak berunya anak beru. Asal kata menteri adalah dari kata minteri yang berarti meluruskan. Jadi anak beru minteri mempunyai pengertian yang lebih luas sebagai petunjuk, mengawasi serta membantu tugas kalimbubunya dalam suatu kewajiban dalam upacara adat. Ada pula yang disebut anak beru singkuri, yaitu anak berunya anak beru menteri. Anak beru ini mempersiapkan hidangan dalam konteks upacara adat.

Aksara


Aksara Karo ini adalah aksara kuno yang dipergunakan
oleh masyarakat Karo, akan tetapi pada saat ini penggunaannya sangat
terbatas sekali bahkan hampir tidak pernah digunakan lagi.guna
melengkapi cara penulisan perlu dilengkapi dengan anak huruf seperti o=
ketolongen, x= sikurun, ketelengen dan pemantek

Tari tradisional

Suku Karo mempunyai beberapa tari tradisional, di antaranya:
  • Piso Surit
  • Lima Serangkai
  • Terang Bulan

Kegiatan Budaya
  • Merdang merdem = "kerja tahun" yang disertai "Gendang guro-guro aron".
  • Mahpah = "kerja tahun" yang disertai "Gendang guro-guro aron".
  • Mengket Rumah Mbaru - Pesta memasuki rumah (adat - ibadat) baru.
  • Mbesur-mbesuri - "Ngerires" - membuat lemang waktu padi mulai bunting.
  • Ndilo Udan - memanggil hujan.
  • Rebu-rebu - mirip pesta "kerja tahun".
  • Ngumbung - hari jeda "aron" (kumpulan pekerja di desa).
  • Erpangir Ku Lau - penyucian diri (untuk membuang sial).
  • Raleng Tendi - "Ngicik Tendi" = memanggil jiwa setelah seseorang kurang tenang karena terkejut secara suatu kejadian yang tidak disangka-sangka.
  • Motong Rambai - Pesta kecil keluarga - handai taulan untuk memanggkas habis rambut bayi (balita) yang terjalin dan tidak rapi.
  • Ngaloken Cincin Upah Tendi - Upacara keluarga pemberian cincin permintaan dari keponakan (dari Mama ke Bere-bere atau dari Bibi ke Permain).
  • Ngaloken Rawit - Upacara keluarga pemberian pisau (tumbuk lada) atau belati atau celurit kecil yang berupa permintaan dari keponakan (dari Mama ke Bere-bere) - keponakan laki-laki.